5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Semua orang yang bekerja dalamĀ  bidang teknologi informasi tentunya akan selalu menggunakan komputer, software, jaringan, server dan beragam teknologi lain untuk mengatur dan mengirim atau menerima data. Hanya saja, walaupun dirasa jobdisc-nya kurang lebih sama, namun untuk job title di sebuah perusahaan satu dengan lainnya bisa saja berbeda.

Contohnya saja, di perusahaan A lebih menginginkan merekrut para developer sebanyak-banyaknya, sedangkan di perusahaan B justru merekrut banyak programer. Berbeda penyebutan dan juga jobdisc dasarnya, namun secara keseluruhan tugas yang harus dilakukan tidaklah berbeda jauh. Walaupun secara garis besar tugas

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

lain selain tugas utamanya sama, namun tidak sedikit yang akhirnya salah melamar karena merasa keahlian atau kemampuan yang dimiliki sama seperti apa yang diiklankan dan diminta oleh sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, di bawah ini beberapa istilah penyebutan job title dan juga penjelasan singkat terkait setiap pekerjaan yang berkaitdan dengan teknologi informasi.

Web Developer

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Web Developer adalah orang yang mampu mendesain, menciptakan dan memodifikasi sebuah website. Tanggung jawabnya adalah untuk memelihara website dan membuatnya agar lebih mudah digunakan oleh client. Klasifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang Web Developer adalah menguasai HTML, JavaScript atau juga SQL.

Istilah lainnya antara lain Front End Developer, Senior Web Administrator, Senior Web Developer, Web Administrator, Web Developer atau Webmaster.

Software/Application Developer

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Sedikit sama dengan Web Developer, Software/Application Developer ini merupakan orang yang bertugas untuk mendesain, menjalankan dan mengujicobakan sejumlah program komputer atau aplikasi mobile. Selain itu orang-orang yang masuk dalam kategori Software/Application Developer juga harus menguasai cara untuk menciptakan aplikasi atau software khusus termasuk kode-kode atau script solusinya.

Istilah lainnya antara lain Application Developer, Applications Engineer, Associate Developer, Computer Programmer, Developer, Java Developer, Junior Software Engineer, .NET Developer, Programmer, Programmer Analyst, Senior Applications Engineer, Senior Programmer, Senior Programmer Analyst, Senior Software Engineer, Senior System Architect, Senior System Designer, Senior Systems Software Engineer, Software Architect, Software Developer, Software Engineer, Software Quality Assurance Analyst, System Architect dan Systems Software Engineer.

Information Security Specialist

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Dengan semakin maju pesatnya dunia teknologi dan internet seperti sekarang, maka semakin berkembang pula aksi peretasan sebuah website. Oleh karena itu maka dibutuhkan seorang yang dapat bertugas sebagai Information Security Specialist untuk mengatasi masalah peretasan tersebut. Seorang Information Security Specialist bertugas untuk mempertahankan sisi keamanan dan jaringan komputer.

Istilah lainnya antara lain Information Security, Security Specialist dan Senior Security Specialist.

Database Administrator

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Database Administrator adalah seseorang yang membantu menyimpan dan mengatur semua data digital sebuah perusahaan atau client. Tidak hanya itu saja, tugas lain dari seorang Database Administrator adalah untuk mengamankan data dari tangan-tangan jahil yang ingin masuk ke database dan mencuri data tersebut.

Istilah lainnya antara lain Data Center Support Specialist, Data Quality Manager, Database Administrator dan Senior Database Administrator.

Cloud Computing Engineers

5 Jenis Istilah Pekerjaan dalam Dunia Teknologi Informasi

Para pekerja komputasi awan yang dikenal dengan sebutan Cloud Computing Engineers ini merupakan orang yang bertugas untuk mendesain, membangun, memelihara sistem dan mengatur infrastruktur sistem.

Istilah lainnya antara lain Cloud Architect, Cloud Consultant, Cloud Product and Project Manager, Cloud Services Developer, Cloud Software and Network Engineer, Cloud System Administrator dan Cloud System Engineer.

Dari 5 jobdisc di atas, maka kamu tidak perlu khawatir salah lagi ketika akan melamar pekerjaan sesuai dengan kemampuanmu.