Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

Menjadi satu hal yang cukup menjengkelkan ketika sedang dalam posisi butuh akses atau koneksi cepat, ternyata yang didapatkan adalah kebalikannya alias lemot. Setelah diusut kenapa lemot tersebut terjadi, ternyata ada pihak-pihak tertentu yang sedang ikut menggunakan koneksi tanpa izin. Jika orang yang mencuri koneksi tersebut diketahui, maka mudah rasanya untuk menegurnya, namun bagaimana jika yang bersangkutan tidak kelihatan batang hidungnya?

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan CMD. Berikut langkah-langkah yang harus dilalui agar dapat mengetahui siapa saja yang sedang menggunakan koneksi tanpa izin.

  • Pertama-tama, tekanlah tombol Windows dan huruf R secara bersamaan. Setelah itu akan muncul kolom Run di sebelah kiri bawah.
Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?
  • Pada kolom Run tersebut, tuliskan CMD dan kemudian enter. Setelah di-enter, maka akan muncul sederet perangkat atau device termasuk milik kita sendiri yang sedang menggunakan koneksi internet.

Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

  • Memang tidak semua yang ada dalam daftar tersebut adalah aktif, karena perangkat akan memindai semua device yang masih atau juga pernah terkoneksi sebelumnya. Untuk memastikan perangkat yang bersangkutan aktif dan masih mencuri koneksi, maka ketikkan “ping kemudian nama komputernya,” contohnya ping ABCD-PC.

Cara ini dianggap cukup mujarap ketika dipakai untuk mengetahui siapa saja yang sedang menggunakan koneksi tanpa izin. Sayangnya, cara tersebut hanya berfungsi sebagai pemantau saja dan tidak ada fungsi lainnya, seperti memutuskan koneksi dan sebagainya. Namun bagi yang ingin mengetahui sekaligus memutuskan koneksinya adalah dengan menggunakan software bernama Netcut.

Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

  • Sebelum memulai, ada baiknya kamu mematikan antivirus yang digunakan agar tidak terjadi crash antarsesama program.

mematikan antivirus yang digunakan agar tidak terjadi crash antarsesama program.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah dengan mengunduh software Netcut di website resminya. Setelah itu, instal Netcut ke perangkat yang kamu gunakan sekarang ini.

Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

  • Setelah terinstal, maka langsung aktifkan untuk mengetahui siapa yang sedang mencuri koneksi internet. Sesaat setelah Netcut diaktifkan, maka akan muncul sederetan IP Address perangkat yang terkoneksi. Agar tidak salah, maka ketahui terlebih dahulu IP Address sendiri, milik keluarga dan juga orang-orang lain yang ikut menggunakannya.

Bagaimana Cara Mengetahui Pencuri Koneksi Internet Kita?

  • Usai mengelompokkan IP yang tidak perlu diotak-atik, maka mulailah untuk melihat IP mana saja yang tidak ada dalam daftarmu. Setelah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggeser lingkaran biru tersebut ke arah kiri. Dengan didorongnya lingkaran biru tersebut ke arah kiri, maka secara otomatis pemilik IP tersebut akan kehilangan koneksi alias koneksinya terputus dan mati. Untuk mengembalikannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggesernya kembali ke sebelah kanan.

Hanya saja, walaupun dikatakan cukup ampuh untuk mengetahui siapa saja yang sedang terkoneksi dengan jaringan milikmu sekaligus memutuskan koneksinya, namun sekarang ini sudah banyak bermunculan software-software khusus untuk dapat digunakan sebagai penangkal Netcut, seperti Anti ARP, Anti NetCut, Hide My IP, XP Antispy dan banyak lagi lainnya.

Tips tambahan

Terlepas dari penggunaan Netcut seperti di atas, berikut ini adalah cara sederhana untuk dapat memperlambat kinerja Netcut ketika kamu bertindak sebagai orang yang akan diputus koneksinya.

Pertama-tama adalah kamu harus mengakses Run terlebih dahulu dan ketikkan CMD pada kolom utamanya. Setelah itu, ketikkan ipconfig agar kamu dapat mengetahui IP sendiri. Setelah itu, ketikkan ping –t IP kamu. Dengan cara ini, maka Netcut akan terkelabui dan serangan yang dilakukan pun kerap mengalami kegagalan.