Smartphone Lemot? Pakai Cara Manual Ini

bagaimana jika Smartphone Lemot? Pakai Cara Manual Ini

Mungkin amat sangat jarang terjadi untuk smartphone-smartphone yang masih baru, akan tetapi ketika perangkat sudah digunakan lebih dari 1 tahun, maka akan terasa ada penurunan performa yang membuat segalanya menjadi sedikit melambat atau bahkan tidak jarang nge-hang. Hal itu dikarenakan ada masalah pada Random Access Memory atau biasa dikenal dengan istilah RAM ini.

Ketika RAM mulai bermasalah karena kepenuhan, tidak sedikit dari pengguna smartphone yang langsung menginstal penggenjot kinerja RAM atau yang berfungsi untuk membuat kinerja RAM sedikit lebih ringan, seperti memakai aplikasi Task Killer atau RAM Booster.

Namun apakah penggunaan aplikasi tambahan tersebut berpengaruh? Jawabannya adalah tidak terlalu berpengaruh. Bahkan menurut para ahli, penggunaan aplikasi third party itu justru dapat membuat smartphone alami masalah lain yang tak kalah seriusnya. Lantas bagaimana cara mengatasi RAM yang penuh tersebut?

Sebenarnya untuk atasi masalah tersebut cukup mudah dan sederhana sekali. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan secara manual tanpa bantuan aplikasi ketika RAM mulai kepenuhan.

bagaimana jika Smartphone Lemot? Pakai Cara Manual Ini

 

Langkah pertama adalah dengan mematikan semua aplikasi yang bergerak di bawah layar. Terkadang, kita lupa saat menggunakan satu aplikasi dan kemudian berganti dengan aplikasi lain dan kemudian berganti lagi secara berulang, aplikasi yang sebelum-sebelumnya memang tidak nampak lagi. Akan tetapi tidak nampak tersebut bukan berarti tidak ada. Semuanya tersimpan dan masih dalam keadaan aktif di bawah background. Dengan tetap aktifnya aplikasi-aplikasi tersebut, maka otomatis RAM akan cepat penuh karena memakas ruang di RAM dalam jumlah besar.

Untuk itu, kamu dapat mematikan aplikasi-aplikasi di balik layar tersebut dengan cara menekan tombol menu pada perangkat. Setelah itu, gunakan aplikasi pelepasan bawaan perangkat untuk membantu RAM lebih longgar.

 

bagaimana jika Smartphone Lemot? Pakai Cara Manual Ini

Langkah kedua adalah dengan cara yang sedikit lebih ‘kejam’ terhadap aplikasi-aplikasi yang masih berjalan namun tidak digunakan. Caranya adalah dengan mengakses Menu dan kemudian ke Setting. Setelah itu, pilih sub menu Apps ketika sudah sampai ke bagian Device. Dari situ, kamu dapat melihat berapa banyak aplikasi yang masih menyala walaupun sudah tidak dipakai lagi. Untuk mematikannya, kamu dapat menekan tombol Force Stop pada layar.

Hanya saja, kamu juga perlu berhati-hati kala harus mematikan aplikasi dari dalam sistem karena jika lengah dan salah sedikit saja, maka ada sistem yang penting dan sedang berjalan di bawah layar ikut terhapus dan membuat masalah pada perangkat.

Dengan membuang banyak aplikasi yang aktif seperti itu, maka kamu telah membuat ruang yang cukup besar dan leluasa di RAM yang mana efeknya adalah membuat kinerjanya lebih stabil dan cenderung cepat.

bagaimana jika Smartphone Lemot? Pakai Cara Manual Ini

Selain menggunakan 2 langkah di atas, kamu juga dapat mulai mengurangi jumlah data yang tersimpan baik di memory internal ataupun eksternal. Dengan semakin banyaknya foto, gambar atau data lainnya yang tersimpan dalam perangkat, maka RAM juga akan memindai satu persatu data yang ada. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat perangkat menjadi lemot karena RAM bekerja ekstra keras.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga bahwa operating system di dalam perangkat sudah up to date atau belum. Periksalah dalam status perangkat dan juga mencari tahu tentang update an terbaru. Jika memang sudah ada update an OS terbaru, maka jangan sia-siakan lagi untuk memberikan pembarian pada sistem yang mana akan membantu kinerja RAM menjadi lebih bagus.